Bagaimana Cara Membangun Kemampuan Persuasi yang Cetar Membahana



Apapun yang Anda yakini, akan sedikit berpengaruh bila orang lain tidak meyakini Anda.

Yakinilah ini, bahwa pelanggan tidak akan membeli dari Anda bila mereka tidak ‘membeli’ Anda. Dan formula ini berlaku dalam semua lini kehidupan profesional dan pribadi kita.

Organisasi yang Anda pimpin tidak akan menerima dan melaksanakan gagasan Anda bila mereka tidak menerima Anda. Sebagai pemimpin, Anda tidak akan bisa membangun dedikasi kepada visi, misi, target-target, dan budaya kerja yang Anda tetapkan, bila organisasi Anda tidak meyakini Anda. Mereka harus meyakini Anda untuk meyakini yang Anda yakini.

Semua keberhasilan profesional dan keberhasilan pribadi yang kita inginkan - bersumber dari kualitas dan kemampuan pribadi kita dalam mendapatkan persetujuan dari orang lain.
  


JADILAH PRIBADI YANG BERNILAI DENGAR YANG TINGGI.

Memang perubahan tidak menjamin adanya perbaikan, tetapi tidak ada perbaikan yang bisa dicapai tanpa perubahan. Hanya saja, kebanyakan orang merasa lebih khawatir dengan ancaman dari ketidak-pastian dari perubahan – daripada bersemangat menyambut kemungkinan baik yang bisa dihasilkannya.

Pada dasarnya, setiap orang menyukai kemapanan dari yang telah nyaman bagi mereka. Itu sebabnya, tidak banyak orang yang berbakat mendengarkan dengan baik, dan sebagian besar orang bahkan menolak untuk mendengarkan - karena mereka khawatir bila yang mereka dengar akan mengharuskan mereka untuk berubah.

Tetapi, akan ada saja pribadi-pribadi terlatih yang hadir dengan nilai dengar yang tinggi, yang berhasil mengundang orang untuk meninggalkan kemapanan yang merugikan mereka, untuk memperbarui hubungan penjualan dan pelayanan yang tidak menghasilkan, dan membangun perilaku organisasi yang menerobos batasan-batasan tradisionalnya.

Maka apa sajakah yang harus Anda bangun pada diri Anda untuk menjadi pribadi yang memiliki nilai dengar yang tinggi? 



BANGUNLAH KEMAMPUAN BERBICARA YANG PERSUASIF

Kata-kata Anda bisa melukiskan kebesaran dan keindahan yang hanya bisa dilihat oleh pikiran.

Bila Anda bisa membantu orang lain melihatnya di dalam pikiran mereka, mereka akan juga mendengar kebesaran dan keindahan itu di hati mereka. dan bila mereka mendengarnya di hati, mereka akan menjadikan hati Anda sebagai hati mereka. Mereka akan meyakini yang Anda yakini.

Lalu, kira-kira apakah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengannya, bila Anda seorang penjual, negosiator, atau pemimpin?

Bila pribadi Anda diyakini mewakili kepentingan orang banyak untuk yang menguntungkan mereka – maka mereka akan mudah  menerima, menyukai, mempercayai, dan menghormati anjuran-anjuran Anda.

Maka kembangkanlah kemampuan untuk berpikir dengan tertata, untuk mengelola keprimaan perasaan Anda, untuk berbicara dengan kekuatan yang mengubah pendapat, dan kemampuan untuk bertindak yang menyatukan itu semua ke dalam pribadi Anda yang andal.

Jadilah pribadi yang berpengaruh.

Menguasai kemampuan untuk mengubah pendapat orang lain membutuhkan perubahan dan peningkatan strategis pada cara-cara Anda dalam berpikir, dalam mengelola perasaan, dan dalam membawakan diri Anda sendiri.

Tidak ada pribadi dan organisasi yang tidak membutuhkan kemampuan untuk memenangkan persetujuan dari sebanyak mungkin orang, dengan nilai persetujuan yang setinggi mungkin.

 
Sudahkah Anda menerapkan tips persuasif dalam menulis surat lamaran pekerjaan?

***

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Assets Master Data di SAP

Automatic Posting SAP FI-MM-SD