Becoming an Effective Influencer


Segala sesuatu akan dikatakan effective jika input dari mekanisme itu memberikan output lebih besar daripadanya. Pada sebuah organisasi, seorang pemimpin dikatakan effective ditandai dengan gerakan badan dari yang dipimpinnya. Jika diibaratkan bagai memotong mentega dengan pisau panas.


Dalam memberikan sebuah pengaruh, kewenangan adalah item yang membuat kinerja kita menjadi effective atau tidaknya. Sehingga perlu bagi kita untuk membangun diri menjadi pribadi yang berwenang dalam memberikan pengaruh tersebut.

# Anda mempunyai kesempatan yang baik jika mempunyai kemudahan untuk disetujui.

Jika kita memperhatikan seorang pribadi yang sukses maka ada di dalam dirinya se-buah kemampuan untuk mudah mendapat persetujuan dari orang lain. Sehingga kemakmuran yang dicapainya itu bisa dikatakan karena kemampuannya itu. Ciri-ciri orang seperti ini adalah :

a. Pribadi yang berpengaruh mendapatkan persetujuan dari orang lain bahkan sebelum dia meminta persetujuan itu.

Dikatakan pribadi itu berpengaruh bila pribadi tersebut dapat mempengaruhi pribadi yang berada diatasnya (atasannya) bukan mempengaruhi yang di bawahnya. 

Dalam konteks ini Zat yang Maha Tinggi dan Sempurna Dialah Yang Maha Pendengar Do’a sehingga kita harus dapat mempengaruhi-Nya – dalam hal ini dikabulkannya Do’a kita.

Untuk itu, yang perlu diperhatikan agar Tuhan mengabulkan do’a kita adalah
  • Meminta
  • Kalau kita mengerti hal-hal yang berkenaan dengan meminta
  • Kalau kita mengerti hal-hal yang berkenaan dengan menerima


b. Tujuan dari komunikasi Anda dengan orang lain.

Komunikasi sebagai cara penyaluran keinginan seseorang kepada yang lainnya. Dalam komunikasi tujuan merupakan faktor penentu dari isi komunikasi tersebut. Oleh karena itu Tujuan komunikasi ini yang akan membangun kewenangan terhadap orang lain.

Kemudian bagaimana posisi kopetensi dalam kewenangan dan pengaruh? Kopetensi terlahir dari sebuah pengetahuan dan kewenangan itu mengalir dari yang tahu.

#Mengenali lingkungan sosial Anda.

Jika Anda ingin naik kelas, tingkatkanlah orang yang mempercayai Anda. Semakin tinggi posisi yang mempercayai Anda semakin tinggi pula kelas kita. Sehingga pengaruh yang kita berikan akan semakin besar pula. Empat cara untuk meningkatkan tingkat sosial kita :
  •       Diterima
  •       Disukai
  •       Dipercaya
  •       Dihormati.
Apakah Anda mempunyai rencana untuk naik kelas? Kadang kala kita sudah mempun-yai rencana yang Super namun cara-cara kita untuk mewujudkannya belum sempurna maka caranya adalah :

  •      Apakah Anda berusaha untuk memuji atasanmu
  •     Apakah Anda berusaha untuk mengkekasihi atasanmu
  •     Apakah Anda berusaha untuk menyejahteraan atasanmu

# Tegas dengan mimpi-mimpi Anda

Terkadang ada pribadi yang memimpikan menjadi seorang bintang. Namun di dalam perjalanannya terdapat hambatan dan pendertiaan yang mengganggu mimpinya se-hingga dia mengecilkan mimpinya untuk menjadi bintang yang lebih kecil.

Anjurannya adalah jangan pernah mengecilkan mimpi-mimpi yang kita inginkan. Bisakah kita mempantaskan diri dengan meningkatkan diri untuk meraih bintang yang kita inginkan. Jadi janganlah bernegosiasi dengan cita-cita namun berusahalah untuk mempantaskan diri untuk meraih bintang yang Anda inginkan.

Tuhan akan memberikan kewenangan kepada orang yang mempunyai tujuan untuk meninggikan harkat martabat orang banyak.


#Aiming Your Personality

Analogi seseorang yang membawa dinamit dengan sumbu yang selau mengarah ke depan. Logikanya sewaktu-waktu pasti akan ada sesuatu yang akan membuatnya meledak.

Itu pula yang berlaku dengan diri kita. Jika kita mempunyai sebuah pribadi yang baik dan super maka hanya tinggal menemukan pribadi yang dapat membuat kita meledak sehingga dapat melesat dalam peningkatan kelas dan kecemerlangan kita.


#Mengatasi keraguan dan pembatalan diri sendiri.

Terkadang kita mempunyai sebuah rencana yang hebat, kemudian planning kita sangat hebat sehingga A to Z. Namun semua itu tidak lebih kalah kuat dari kekuatan penundaan kita sendiri.

Buktinya seberapa sering kita mendengan kata hati kita dalam menginginkan sebuah mimpi dan pada saat itu pula hadir sebuah perkataan kecil yang berbunyi “Tapi”, sehingga kita membatalkan semua mimpi yang kita inginkan atau mengecilkan mimpi itu.

Berikanlah nasehat kepada diri sendiri untuk tetap bersemangat. Cara terbaik dalam memberikan semangat itu (dan ini berlaku untuk semua pribadi) dengan peng-harapannya.


#The Avenue of Success

Ada dua cara Tuhan memberikan rezekinya kepada kita yaitu : Melalui orang lain. Seperti jika bekerja disebuah instansi maka kita akan digaji dan nemu.

Jalan satu-satunya yang dapat kita raih adalah melalui orang lain maka bangunlah hubungan baik dengan orang lain. Itu sebabnya kita silaturahmi akan memperpanjang rezeki. Selain itu agar kita juga bisa ditolong atau diangkat oleh pribadi lain dengan cara harus bisa atau layak untuk dipilih dan harus kelihatan.


#Building Your Social Ranks

Cara untuk membangun kelas sosial kita adalah :
  •     Membuat orang lain merasa nyaman dengan kita
  •     Develop pribadi kita yang disukai orang banyak
  •     Membangun kepercayaan orang lain kepada anda. Kepercayaan itu akan lahir dengan 
  •    Cara membangun hal-hal kecil dan teratur sepanjang waktu. Keteraturan itu menjadi melekat dengan nama kita
  •      Membangun rasa hormat pada diri sendiri. Caranya hormatilah orang lain.

#Jalan-jalan untuk mempengaruhi
  •     Selalu sadar posisi jankar anda. Artinya orang yang tidak mengetahui kelasnya dia  berada maka orang tersebut tidak akan berwibawa.
  •      Mengangkat seseorang yang berbicara dengan kita dengan cara mendengarkan-nya  dengan penuh perhatian. Seperti senyum, menangguk dengan perlahan.
  •       Memberikan dukungan dengan persetujuan.
  •       Saying “No” with Saying “Yes”
  •       Answering question with the a question
  •    Speaking clearly with Impact. Pronounciation yang baik, suara yang rendah dan berwibawa.
#Closing
Building Your Influence is Increasing Your Respectability

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Assets Master Data di SAP

Automatic Posting SAP FI-MM-SD